SMKN 1 TALAGA MANDIRI, LSP BERDIRI

TERWUJUDNYA CIVITAS AKADEMIK YANG RELIGIUS, CERDAS VOKASIONAL, MEMILIKI DAYA KOMPETITIF UNGGUL, ENTREPRENEURSHIP DAN MANDIRI PADA TAHUN 2022 merupakan Visi dari SMKN 1 Talaga saat ini kedepan sampai dengan 2022. Target awal tahun 2022 SMKN 1 Talaga dalam salah satu visi nya adalah terwujudnya civitas akademika yang mandiri. Mandiri dalam berbagai bidang seperti sekolah yang mampu memecahkan permasalahannya sendiri, membuat keputusan terkait dengan operasionalisasi pendidikan di tingkat sekolah/kelas baik yang terkait dengan kurikulum, proses belajar mengajar, keuangan, ketenagaan yang tidak melampaui batas kewenangannya, dan hal teknis lainnya. Selain dari pada itu, sekolah mandiri adalah sekolah yang memiliki inisiatif untuk memenuhi semua kebutuhan sendiri dan memecahkan permasalahannya sendiri tanpa harus minta dibantu atau tergantung dari pada pengawas atau dinas  pendidikan setempat. Semua hal yang dilakukan demi perbaikan, peningkatan, dan mempertahankan mutu berjalan dengan sendirinya, atas inisiatif sekolah dan warganya. Tidak didorong atau dipaksa oleh pihak lain. 

Berkenaan dengan hal tersebut, maka sesuai dengan peraturan pemerintah setelah terbitnya UU Ketenaga Kerjaan Nomor 13 Tahun 2003 dilanjutkan dengan keluarnya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 23 Tahun 2004 tentang Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan PP 31 Tahun 2006 tentang Sistem Pelatihan Kerja Nasional menunjukkan bahwa pelaksanaan sertifikasi tenaga kerja di berbagai sektor industri semakin meningkat.

BNSP melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang didukung oleh Pemerintah, Asosiasi Industri, Asosiasi Profesi, Lembaga Diklat Profesi dan masyarakat di bidang ketenagakerjaan semakin berkembang dalam meningkatkan pelaksanaan sertifikasi kompetensi tenaga kerja di masing-masing sektor, hal ini memberikan dampak positif dengan meningkatnya daya saing dan produktivitas tenaga kerja.

Mengapa Sertifikasi Kompetensi kerja diperlukan? Sertifikasi Kompetensi kerja adalah merupakan suatu pengakuan terhadap tenaga kerja yang mempunyai pengetahuan, ketrampilan dan sikap kerja sesuai dengan standar kompetensi kerja yang telah dipersyaratkan, dengan demikian sertifikasi kompetensi memastikan bahwa tenaga kerja (pemegang setifikat) tersebut terjamin akan kredibilitasnya dalam melakukan suatu pekerjaan yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya.

Maka dari itu, SMKN 1 Talaga berkomitmen untuk mendirikan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) untuk siswa dalam pelaksanaan Uji Kompetensi untuk masing-masing Skema yang ada. Pada bulan September dan Oktober ini LSP P1 SMKN 1 Talaga telah kedatangan tim dari BNSP untuk melaksanakan Full Assessment dan Witness. Adapun yang diperiksa adalah kelengkapan dokumen dan TUK setiap jurusan diantaranya :

  1. TUK Rekayasa Perangkat Lunak
  2. TUK Teknik Komputer Jaringan
  3. TUK Akuntansi Keuangan Lembaga
  4. TUK Bisnis Daring Pemasaran
  5. TUK Teknik Kendaraan Ringan Otomotif
  6. TUK Teknik Bisnis Sepeda Motor

 

 

 

 

 

 

Follow :

Recent News

Address:

JL. Sekolah, No No.20,
Talagakulon, Talaga, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat 45463

Phone:

0233 319238