LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN SISWA (LDKS)

Siswa merupakan bagian dari penerus cita-cita bangsa. Karena dengan mendidiknya dengan baik, maka siswa akan mampu menjadi tonggak kemajuan bangsa ini. Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa atau yang biasa disebut dengan LDKS adalah momen untuk melatih siswa menjadi generasi muda yang berkarakter, mempunyai tujuan hidup, dan berwawasan luas.

LDKS merupakan tolak ukur untuk mengetahui kemampuan siswa dalam hal memahami konsep dan dasar-dasar organisasi sekolah. LDKS juga diharapkan dapat menanamkan jiwa kepemimpinan, kemandirian, dan keteladanan kepada siswa.

LDKS merupakan tahap pertama yang harus dilalui oleh siswa/i sebelum menjadi pengurus OSIS. LDKS juga mempunyai peranan penting membangun karakter kepemimpinan agar dimasa depan bisa memberikan kontribusi terbaiknya buat keluarga dan masyarakat.

Tujuan LDKS adalah :

  1. Upaya menumbuhkan jiwa kepemimpinan. Minimalnya siswa dapat memimpin dirinya sendiri terlebih dahulu dan menjalin kerjasama dengan orang lain.
  2. Memiliki keterampilan dan pemahaman tentang organisasi yang lebih baik dibandngkan dengan siswa-siswi yang tidak mengikuti LDKS.
  3. Melalui LDKS siswa-siswi diharapkan dapat lebih berani dan berperan aktif dalam menyuarakan aspirasisiswa kepada pihak sekolah dengan tujuan demi kemajuan sekolah.
  4. Melalui LDKS siswa-siswi diharapkan memiliki karekteristik seorang pemimpin yang berguna bagi agama, tanah air, bangsa yang dijiwai oleh semangat pancasila dan UUD 1945 dan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

 

 

 

 

Follow :

Recent News

Address:

JL. Sekolah, No No.20,
Talagakulon, Talaga, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat 45463

Phone:

0233 319238