Hari Santri Nasional

Hari santri biasa diperingati setiap tanggal 22 Oktober sebagai apresiasi terhadap perjuangan para santri dalam mengusir penjajah untuk mencapai kemerdekaan Indonesia.
Santri sangat berperan dalam hal kemerdekaan Indonesia karena `Membela tanah air dari penjajah hukumnya fardlu`ain atau wajib bagi setiap individu.` Hal tersebut diutarakan langsung oleh KH.Hasyim Asy`ari.
Dengan ditetapkannya hari santri nasional, maka muncul pertanyaan bahwa apakah santri sama dengan siswa atau bahkan mahasiswa?Sebenarnya ketiga hal tersebut hanyalah istilah dalam penyebutan saja, karena sebenarnya santri, siswa ataupun mahasiswa pada dasarnya mempunyai tujuan yang sama yaitu mencari ilmu pengetahuan. Hanya saja siswa mencari ilmu pengetahuan di tingkat pendidikan umum baik pendidikan dasar (PAUD/TK,SD) ataupun menengah (SMP,SMA/SMK), Mahasiswa mencari ilmu pengetahuan di tingkat perguruan tinggi, sedangkan santri menuntut ilmu pengetahuan di pondok-pondok pesantren.
Istilah santri memang lebih condong kepada ilmu keagamaan dan urusan akhirat. Tetapi di zaman modern seperti saat ini, santri juga tidak hanya berkutat dengan hal tersebut, melainkan hal yang sifatnya dunia bahkan teknologi terbaru diterapkan di lingkungan pesantren.
SMKN 1 Talaga tahun ini ikut berpartisipasi dalam peringatan hari santri tersebut dengan keberagaman dalam hal berpakaian sesuai dengan aturan Gubernur Jawa Barat yang menerangkan bahwa dalam peringatan hari santri tahun ini untuk Laki-Laki menggunakan kopeah, baju muslim dan bersarung. Sedangkan untuk perempuan menggunakan baju muslim yang sopan dan menutup aurat. Selain dari pada hal tersebut, dengan berpartisipasinya SMKN 1 Talaga supaya hal-hal positif yang berada pada istilah santri dapat menular kepada siswa/siswi SMKN 1 Talaga. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa seiring berkembangnanya zaman, maka semua kalangan termasuk siswa ikut terbawa imbasnya yang saat ini lebih condong kepada hal-hal negatif.
Maka dari itu, dengan peringatan hari santri, diharapkan siswa/siswi SMKN 1 Talaga mempunyai ilmu pengetahuan sesuai dengan bidangnya dalam mengarungi perkembangan zaman dan mempunyai bekal hati dan akhlak sebagaimana ilmu agama yang diterapkan pada santri-santri di pondok pesantren.

 

 

 

 

 

 

Follow :

Recent News

Address:

JL. Sekolah, No No.20,
Talagakulon, Talaga, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat 45463

Phone:

0233 319238