Supervisi Pembelajaran

Istilah supervisi berasal dari bahasa Inggris ialah supervision, yang artinya pengawasan atau pengendalian. Supervisi adalah kata benda, berasal dari kata to supervise atau to oversee in order to direct, terjemahannya mengawasi atau mengendalikan.

Perkembangan berikutnya, apa yang dimaksud dengan supervisi adalah suatu fungsi yang tidak hanya ditujukan kepada para guru saja, tetapi terutama diarahkan kepada masalah belajar-mengajar dan perkembangannya. Bagaimana cara siswa belajar dan para guru mengajar serta mengembangkannya.

Supervisi adalah suatu usaha atau kegiatan pembinaan yang direncanakan untuk membantu para guru dan pegawai sekolah atau lembaga pendidikan lainnya dalam melakukan pekerjaan mereka secara efektif dan efisien. Berbagai macam usaha atau kegiatan yang dapat dilakukan berkaitan dengan supervisi, antara lain pertemuan kelompok, pembicaraan perorangan, kunjungan kelas, ceramah, lokakarya, demonstrasi tentang teknik-teknik dan metode-metode mengajar yang baru, penilaian yang dilakukan secara sistematis, dan pertukaran pengalaman serta pikiran-pikiran baru. Semua ini bermaksud untuk membimbing guru, dalam meningkatkan kesanggupan dan memperluas pandangan mereka. 

Dewasa ini pengertian supervisi dalam kaitannya dengan kegiatan pendidikan adalah suatu usaha atau kegiatan yang berkepentingan dengan segala sesuatu yang memajukan perkembangan para guru dan para siswa. Pertumbuhan para siswa inilah yang menjadi tujuan utama dari seluruh proses pendidikan.

Konsep kepala sekolah sebagai supervisor menunjukkan adanya perbaikan pengajaran pada sekolah yang dipimpinnya,perbaikan ini nampak setelah dilakukan sentuhan supervisor berupa bantuan mengatasi kesulitan guru dalam mengajar. Untuk itulah kepala sekolah perlu mengerti program strategi pengajaran, sehingga ia mampu memberi bantuan kepada guru yang mengalamai kesulitan misalnya dalam menyusun program dan strategi pengajaran masing-masing. Bantuan yang diberikan kepala sekolah kepada gurunya dapat berupa bantuan dukungan fasilitas,bahan-bahan ajar yang diperlukan,penguatan terhadap penguasaan materi dan strategi pengajaran,pelatihan,magang dan bantuan lainnya yang akan meningkatkan efektivitas progran pengajaran dan implementasi program dalam aktivitas belajar di kelas. Sumber  (Hikmat, Manajemen Pendidikan (Bandung: Pustaka Setia, 2009), hlm. 298 dan Lantip Diat Prasojo dan Sudiyono, Supervisi Pendidikan (Yogyakarta: Gava Media, 2011), hlm. 30)

Supervisi di SMK Negeri 1 Talaga dilaksanakan setiap satu kali dalam satu tahun. Hal ini sesuai dengan tujuan dari pada supervisi yang sudah dipaparkan diatas. Dengan adanya supervisi tersebut, sehingga pelayanan dan pembelajaran di SMK Negeri 1 Talaga menjadi maksimal.

 

 

 

 

 

Follow :

Recent News

Address:

JL. Sekolah, No No.20,
Talagakulon, Talaga, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat 45463

Phone:

0233 319238