kesenian

Profil

Salah satu tujuan Pendidikan Seni Budaya adalah menggali kemampuan, bakat dan minat siswa dalam berolah seni dan rasa, baik rasa musikal, peran, gerak maupun rupa. Karena tidak seimbangnya kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa dengan alokasi waktu yang tersedia, maka diperlukan waktu ekstra di luar jam pelajaran sebagai sarana pengembangan kreatifitas dan kemampuan yang harus dimiliki oleh para siswa.

Kreatifitas pada dasarnya diarahkan untuk menumbuhkembangkan kepekaan rasa estetik dan artistik sehingga terbentuk sikap yang kritis, apresiatif, dan kreatif pada diri para siswa secara menyeluruh, sikap ini hanya akan tumbuh jika dilakukan serangkaian proses kegiatan kepada siswa yang meliputi pengamatan, penilaian, serta penumbuhan rasa memiliki keterlibatan siswa dalam segala aktifitas seni di luar sekolah. Menjawab semua persoalan tersebut kiranya, siswa perlu diberikan tempat untuk berkreatifitas sebagai salah satu solusi dari sekian banyak kegiatan yang bermanfaat bagi para siswa. Untuk itu, kesesuaian program-program kegiatan harus mensyaratkan pendekatan yang bertitik tolak dari usaha-usaha komunikasi dan konsultasi untuk menjaring bakat dan minat yang ada pada diri para siswa.

Dalam struktur OSIS SMK Negeri 1 Talaga, terdapat berbagai seksi yang memiliki tugas melaksanakan kegiatan pengembangan untuk menyalurkan bakat dan minat yang ada pada diri para siswa. Berdasarkan kebijakan-kebijakan teknis yang ditetapkan dalam anggaran dasar dan anggaran rumah tangga. Dalam melaksanakan tugas tersebut, OSIS SMK Negeri 1 Talaga membentuk kelompok ekskul kesenian beserta kegiatanya dengan tidak mengabaikan fungsi dan tugas OSIS dalam kegiatan formal di sekolah.

VISI DAN MISI

Visi

Mewujudkan anggota organisasi ekstrakulikuler sekolah REALISSTA yang mampu meningkatkan profesionalisme organisasi, mengamalkan wawasan wiyathamandala,  mengapresiasi dan mengekspresikan seni sesuai dengan potensi diri.

Misi

  • Menghimpun, membina dan menyalurkan minat serta bakat siswa-siswi SMK Negeri 1 Talaga dibidang seni dan budaya.
  • Mengembangkan potensi kreatifitas keilmuan, kesenian dan budaya serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang berwawasan luas terampil dan profesional di bidang kesenian dan budaya.
  • Berperan aktif dalam bidang kesenian dan budaya untuk menopang pembangunan berwawasan artisitik (seni) dan estetik (keindahan) dengan partisipasi yang apresiatif dan ekspresif di sekolah.
    TUJUAN KEGIATAN

Pengembangan diri merupakan kegiatan pendidikan di luar mata pelajaran sebagai bagian integral dari kurikulum sekolah. Kegiatan pengembangan diri merupakan upaya pembentukan watak dan kepribadian murid yang dilakukan melalui kegiatan pelayanan konseling berkenaan dengan masalah pribadi dan kehidupan sosial, kegiatan belajar dan mengembangkan karir, serta kegiatan ekstrakurikuler untuk pengembangan talenta peserta didik.

 Adapun tujuan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler seni disekolah adalah :

  1. Memahami konsep dan pentingnya seni.
  2. Menampilkan sikap apresiatif terhadap bidang seni.
  3. Mengekspresikan kreativitas melalui bidang seni.
  4. Sebagai sarana dan wadah untuk menggali ekspresi, potensi bakat dan minat siswa dalam berolah seni.

    SASARAN KEGIATAN

Yang menjadi sasaran kegiatan ektrakurikuler kesenian ini adalah siswa-siswi SMK Negeri 1 Talaga kelas X dan XI yang berminat untuk mengembangkan bakat dan potensi seni yang dimilikinya untuk lebih berkembang dan berdaya saing.

SIFAT DAN PERANAN EKSTRAKURIKULER KESENIAN
1. Sifat Ekskul Kesenian

  • Multilingual

Bermakna pengembangan kemampuan mengekspresikan diri secara kreatif dengan berbagai cara dan media seperti bahasa rupa, bunyi, gerak, peranan dan berbagai perpaduannya.

  • Multidimensional

Bermakna pengembangan beragam kompetensi meliputi konsep apresiasi dan kreasi dengan cara memadukan secara harmonis unsur-unsur estetika, dan etika.

  • Multikultural

Bermakna menumbuhkembangkan kesadaran dan kemampuan apresiasi terhadap beragam budaya Nusantara dan mancanegara.

 2Peranan Ekskul Kesenian

Untuk membentuk pribadi peserta didik yang harmonis dengan memperhatikan kebutuhan perkembangan anak dalam mencapai multikecerdasan yang terdiri atas kecerdasan intrapersonal, musikal, naturalis, serta kecerdasan adversitas, kreativitas, spritual dan moral.

3. BIDANG KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SENI REALISSTA
- Paduan Suara

  1. Populer
  2. Melayu
    - Vokal
  3. Populer
  4. Sunda
  5. Dangdut
  6.  Degung/Gamelan
  7. Tari Tradisional
    - Merak
    - Kupu-kupu
  8. Modern Dance
  9.  Band
  10. Teater

Address:

JL. Sekolah, No No.20,
Talagakulon, Talaga, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat 45463

Phone:

0233 319238