MEMAKNAI IDUL QURBAN

Idul adha merupakan Hari Raya Umat Islam selain dari pada Idul Fitri. Idul adha mempunyai beragam sebutan seperti bulan haji atuapun idul qurban. Pada bulan haji tersebut terjadi peristiwa besar yang patut kita ambil hikmahnya yaitu mengenai "Penyembelihan Nabi Ismail oleh Ayahnya Nabi Ibrahim." Makna kata penyembelihan saat ini bukan berarti mengorbankan anak untuk disembelih, melainkan melatih kesabaran, keikhlasan dan ketawakalan kepada Allah SWT. 

"Kalau dulu nabi ibrahim harus sabar dalam hal mendapatkan ujian dari allah untuk mengorbankan anaknya, maka sekarang yang harus diakukan oleh kita adalah sabar menghadapi kehidupan, sabar menghadapi pembelajaran dan sabar melaksanakan proses belajar mengajar."

"Kalau dulu nabi ismail harus ikhlas menerima ujian disembelih oleh nabi ibrahim, maka sekarang kita harus ikhlas menerima pelajaran dan ikhlas memberikan pengajaran terhadap siswa."

Setelah sabar dan ikhlas, maka selanjutnya adalah tawakal kepada allah tentang apa yang sudah dilaksanakan. Hasilnya serahkan kepada allah seperti apa.

Selain dari makna idul qurban tersebut, praktik idul qurban melatih siswa untuk mengelola pelaksanaan qurban mulai dari penyembelihan sampai dengan pembagian daging qurban tersebut. Sehingga tujuannya adalah dapat menerapkannya di masyarakat dan menjadikan pengalaman berharga disekolah untuk terjun kepada masyarakat secara langsung.

 

 

 

 

 

 

 

 

Follow :

Recent News

Address:

JL. Sekolah, No No.20,
Talagakulon, Talaga, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat 45463

Phone:

0233 319238