Perwakilan SMKN 1 Talaga Melaju Pada Lomba Inovasi Teknologi dan Informasi,Ketahanan Pangan dan Ene

 

Selasa, 14 Maret 2023 merupakan salah satu waktu yang membahagiakan untuk civitas akademika SMKN 1 Talaga dan juga Kabupaten Majalengka. Karena siswa kita yaitu Ananda Imam Dienul Bayan dan Mochammad Abhiasa Pranata Fauzan, Siswa X TKJ 3 menjadi salah satu perwakilan dari Kabuapaten Majalengka untuk mengikuti lomba inovasi teknologi dan informasi, ketahanan pangan dan energi di Kodam III/Siliwangi. Kegiatan ini juga sekaligus dalam rangka kunjungan kerja Mentri Pertahanan RI di Wilayah Kodam III/Siliwangi. Sebelumnya Ananda sudah mengikuti seleksi baik yang diadakan oleh Kodim 0617 Majalengka dan Korem 063/ Sunan Gunung Jati dan Alhamdulillah Ananda terpilih mewakili Kodim 0617 dan dapat bersaing dengan perwakilan baik dari komunitas akademis, masyarakat, dan dari anggota jajaran Kodam III/Slw.

Hal yang paling membanggakan pada kesempatan tersebut adalah Alhamdulillah Ananda Imam dan Abhiasa dapat berdialog langsung dengan Mentri Pertahanan Prabowo Subianto. Pada kunjungan tersebut, Menhan meninjau pameran yang menampilkan beberapa terbosan inovasi teknologi yang dilakukan oleh Ananda Imam dan Abhiasa dan para peserta lainnya baik dari komunitas akademis, masyarakat dan anggota Kodam III/ Siliwangi lainnya. Dikutip dari portal Medcom.id Menhan menyampaikan apresiasi dan terkesan atas inovasi yang telah dilakukan oleh jajaran Kodam III / Siliwangi. Hal ini Ini tentu saja, bukan hanya menjadi kebanggan tersendiri baik bagi Ananda Imam dan Abhiasa, namun menjadi kebanggan bagi seluruh civitas akademi SMKN 1 Talaga.  Ini adalah momen yang langka yang tidak semua siswa maupun sekolah dapat berinteraksi dengan Menhan RI. Ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kami sampaikan kepada Koramil Talaga, Kodim Majalengka, Korem 063/ Sunan Gunung Jati dan Kodam III/Siliwangi atas kerjasama dan kesempatan yang diberikan. Kegiatan ini menjadi momentum yang tepat bagi institusi Pendidikan, Masyarakat dan juga  TNI untuk terus melakukan riset-riset dan cepat beradaftasi terhadap perkembangan lingkungan dengan pendekatan teknologi, yang menjadikan satu nilai solusi. Baik solusi kepada internal sendiri dalam hal ini TNI (Kodam III/Slw) maupun kepada masyarakat.

Pada kesempatan tersebut Menhan RI berdialog terkait inovasi yang dibuat oleh Ananda Imam dan Abhiasa.  Inovasi yang dibuat adalah perangkat smarthome yang dapat mengendalikan semua peralatan elektronik dengan bantuan Bluetooth. Ada dua inovasi yang berhasil dibuat dan dipamerkan pada kegiatan tersebut.

Alat pertama adalah perangkat smarthome yang terkoneksi dengan Bluetooth yang dapat mengendalikan peralatan di rumah kita. Smart home ini dapat kita monitor dan dapat kita kendalikan dengan jarak kurang lebih 10 meter dari jangkauan perangkat. Alat ini bisa menghidupkan dan mematikan peralatan di rumah kita hanya dengan menggunakan perangkat HP. Alat ini bukan hanya bermanfaat untuk di rumah saja, tapi mampu mengendalikan peralatan elektronik baik yang ada di kantor ataupun barak TNI. Tentu dengan peralatan ini selain efektif dan efisien kita dapat mengurangi penggunaan listrik di rumah kita akibat kita lupa mematikan perangkat elektronik. Tentu ini menjadi solusi bagi permasalahan krisis energi.

Adapun alat kedua yang dibuat oleh Ananda Imam dan Abhiasa adalah perangkat smarthome yang mengatur suhu ruangan. Alat ini sebelumnya di pesan oleh Bapak Kukun Zayyan Kurnia, S.Pd sebagai solusi untuk menghindari banyaknya burung peliharaan di rumahnya yang mati mendadak dikarenakan perubahan cuaca ekstrim yang tidak menentu. Serta untuk memudahkan pengawasan ketika para peternak harus berpergian.

Dengan inovasi ini, para peternak tidak akan kebingungan atau khawatir, karena ketika suhu diruangan kurang dari 27 derajat celcius secara otomatis perangkat ini akan menghidupkan lampu penghangat. Yang tak kalah hebat adalah kita tidak usah khawatir, jika suhu ruangan sudah lebih atau sama dengan 27 derajat karena lampu penghangat ini otomatis akan mati dengan sendirinya. Nah Sangat canggih bukan penemuan siswa SMKN 1 Talaga ini?

Meskipun penemuan ini seperti sangat mudah, namun diperlukan tekad yang kuat. Dikarenakan, untuk merangkai alat, membuat pemogramannya dan mengemasnya dibutuhkan kejeliaan dan keuletan untuk mempelajarinya. Namun dengan ketekunan dan kolaborasi semua dapat terwujud menjadi sebuah inovasi yang amat sangat bermanfaat bagi kehidupan kita.

Harapan ke depan, semoga kedepan civitas akademi terus melakukan inovasi sesuai dengan minat dan bakatnya. Setiap civitas academika diharapkan mampu memiliki pernanan penting  untuk memecahkan permasalahan yang saat ini terjadi di  masyarakat maupun di masa yang akan datang. Diharapkan baik itu siswa dan guru di lingkungan SMKN 1 Talaga dapat melahirkan inovasi dan karya yang tentunya bermanfaat baik bagi individu maupun untuk lingkungan masyarakat, pendidikan, ekonomi, kesehatan pertahanan dan keamanan. Sehingga harapan kita untuk menjadi manusia yang sejahtera baik lahir maupun batin dapat terwujud dengan baik.

 

Sumber:

https://www.medcom.id/foto/news/lKYvm5QN-menhan-prabowo-tinjau-inovasi-teknologi-di-kodam-iii-siliwangi

 

Follow :

Recent News

Address:

JL. Sekolah, No No.20,
Talagakulon, Talaga, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat 45463

Phone:

0233 319238
-->